Zhang Ziyi, dari skandal seks sampai patung terburuk


Nama : Zhang Ziyi
Lahir: 9 Feb 1979 di Beijing, Cina
Bakat: Aktris,
film : The Road Home, Crouching Tiger, Hidden Dragon, Rush Hour 2, Hero, 2046, Memoirs of a Geisha, The Banquet, Dendam Sophie.
Reputasi: Tiga penghargaan BAFTA, satu Golden Globe dan dua penghargaan Film Festival Kuda Emas.

Amoy cantik dan sexy: Patung telanjang aktris Zhang Ziyi masuk dalam 10 patung terburuk di China yang dipilih oleh masyarakat China akhir tahun ini, melalui polling online yang diselenggarakan oleh sohu.com.

Patung eye-catching itu dipasang di sumber air panas di Chongqing Yongchuan untuk meningkatkan pariwisata lokal, karena Zhang Ziyi merupakan artis top China yang mendunia.

Patung paling jelek bernama Hidup, teletak di Wuhan, provinsi Hubei, mengumpulkan 310.886 suara. Sedangkan Ziyi berada di posisi keenam terburuk, dengan 250.774 suara.

Mengapa patung Ziyi dipilih sebagai masuk dalam patung terburuk? Itu merupakan refleksi masyarakat China terhadap sikap Ziyi yang disebut sebagai lebih 'mencintai luar negeri lebih daripada negaranya sendiri'.

Dia meninggalkan negerinya dan menjadi salah bintang di Hollywood. Zhang Ziyi pun tidak mau lagi dipanggil Ziyi seperti panggilan yang biasa di negerinya. Ia menggunakan nama Zhang sebagai panggilan internasionalnya.

Zhang Ziyi telah berkibar di dunia internasional. Di sisi lain menimbulkan kecemburuan pahit bagi sebagian masyarakat China, karena putri Beijing itu lahir dari seorang guru dan akuntan.

Karirnya berawal sebagai seorang penari. Ia terdaftar di Beijing Dance Academy pada usia 11 tahun dan kemudian memasuki Pusat Akademi Drama di usia 17.

Dia bergabung dengan sutradara Zhang Yimou untuk The Road Home pada tahun 1999, di mana ia dikabarkan telah mengganti posisi Gong Li dalam dalam asmara Zhang Yimou.

Dia mencuri perhatian masyarakat umum dengan Lee Ang, Crouching Tiger, Hidden Dragon, dan menguangkan Rush Hour waralaba populer 2.Dia juga berkecimpung dalam film berseni lebih seperti Wong Kar-wai 2046.

Dia tidak disukai masyarakat China ketika dia menandatangani kontrak untuk peran seorang pelacur di Memoirs of a Geisha, namun setelah rilis film, ulasan yang umumnya baik.

Disebut-sebut terlibat skandal cinta dengan sutradara dan aktor, seperti sutradara-mentor Zhang Yimou, bintang Hollywood Jackie Chan, dan milyarder Eric Fok.

Dia terjebak dalam "skandal bikini" ketika dia difoto semakin intim dengan milyarder Vivi Nevo. Pasangan ini kemudian dikabarkan menikah tetapi tidak bertahan lama, karena Ziyi berpaling ke pangkuan konglomerat Jepang.

Seperti banyak bintang film top Chinese dia memiliki ijin sebagai penduduk Hong Kong, yang memungkinkan kebebasan lebih untuk bepergian. Pada tahun 2010 ia terjebak dalam apa yang disebut "Sumbangan Gate," di mana dia dituduh menyerahkan hanya 840.000 yuan dari 1 juta yuan ($ 146.506) yang ia janjikan untuk bantuan gempa melalui karya amal Sichuan.

Kemudian pada tahun 2012, ia terlibat dalam skandal internasional yang mengejutkan setelah tersebar berita bahwa dia mendapatkan 700 juta yuan ($ 110 juta) dari hasil tidur dengan pria kaya dan berkuasa selama dekade terakhir, terutama dengan pejabat pemerintah Bo Xilai, yang dikatakan telah melakukan mambo horisontal lebih dari 10 kali.Dia membantah keras tuduhan tersebut dan mengancam akan menuntut media yang menerbitkan berita trersebut.

Comments